Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital

My Campaign Journal

Authors

  • Taufiqurrahman Institut Pesantren Babakan (IPEBA) Cirebon Author

Keywords:

blended learning, motivasi belajar, pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran blended learning dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di era digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode library research, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur terkini (2019-2024) untuk memahami dinamika implementasi blended learning secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78% institusi pendidikan telah mengadopsi model pembelajaran hybrid yang fleksibel, dengan institusi yang memiliki infrastruktur teknologi memadai mencapai tingkat keberhasilan 72% lebih tinggi. Personalisasi pembelajaran dalam blended learning meningkatkan motivasi intrinsik siswa sebesar 65%, dengan korelasi positif yang kuat (r=0.82) antara interaktivitas pembelajaran online dan motivasi belajar. Peningkatan signifikan terlihat dalam kemandirian belajar (58%), pengembangan minat (45%), dan self-efficacy (62%). Faktor krusial keberhasilan implementasi mencakup kompetensi digital, dimana 75% guru memerlukan pelatihan teknologi berkelanjutan dan 85% siswa membutuhkan orientasi digital awal. Institusi dengan program pengembangan kompetensi digital terstruktur menunjukkan peningkatan keberhasilan 68%. Penelitian ini memberikan rekomendasi pengembangan roadmap implementasi komprehensif, program pelatihan digital berkelanjutan, dan sistem monitoring terintegrasi untuk optimalisasi blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital: My Campaign Journal. (2023). My Campaign Journal, 4(3). https://www.mycampaignjournal.ami.sch.id/index.php/mcj/article/view/180