Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Madrasah
My Campaign Journal
Keywords:
Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran, MTs NU Putera 2, Deskriptif, Kualitatif, Faktor Pendukung dan PenghambatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan bagaimana manajemen kelas dapat meningkatkan proses pembelajaran di madrasah, khususnya di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikannya. Di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon, peneliti menemukan bahwa guru dan manajer kelas memiliki peran penting dalam menciptakan kelas yang efektif. Dari hasil penelitian, manajemen kelas di madrasah ini mencakup beberapa aspek, yaitu: (1) kondisi alami MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon, (2) perencanaan manajemen kelas, (3) pelaksanaan manajemen kelas, (4) evaluasi manajemen kelas, (5) upaya peningkatan proses pembelajaran, (6) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen kelas, serta (7) hasil dari manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yasin Muhammad Syibli (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



