Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Madrasah

My Campaign Journal

Authors

  • Yasin Muhammad Syibli Prodi Nautika Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari Cirebon Author

Keywords:

Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran, MTs NU Putera 2, Deskriptif, Kualitatif, Faktor Pendukung dan Penghambat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan bagaimana manajemen kelas dapat meningkatkan proses pembelajaran di madrasah, khususnya di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikannya. Di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon, peneliti menemukan bahwa guru dan manajer kelas memiliki peran penting dalam menciptakan kelas yang efektif. Dari hasil penelitian, manajemen kelas di madrasah ini mencakup beberapa aspek, yaitu: (1) kondisi alami MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon, (2) perencanaan manajemen kelas, (3) pelaksanaan manajemen kelas, (4) evaluasi manajemen kelas, (5) upaya peningkatan proses pembelajaran, (6) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen kelas, serta (7) hasil dari manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs NU Putera 2 Buntet Pesantren Cirebon.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di Madrasah: My Campaign Journal. (2023). My Campaign Journal, 4(3). https://www.mycampaignjournal.ami.sch.id/index.php/mcj/article/view/179