Peningkatan Kualitas Guru Dan Dosen Dalam Era Globalisasi
My Campaign Journal
Keywords:
kualitas tenaga pendidik, globalisasi, perguruan tinggi Islam, sekolah Islam, pengembangan profesional, kualitatifAbstract
Peningkatan kualitas tenaga pendidik menjadi isu yang semakin relevan dalam era globalisasi, di mana kemajuan teknologi, tuntutan profesional, dan perubahan sosial-budaya terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan kualitas guru dan dosen di berbagai jenjang pendidikan yang bernaung di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren Cirebon, mencakup TK Al Anwar, MI Wathoniah Putera, MI Wathoniyah Puteri, MTs NU Putera 1, MTs NU Putera 2, MTs NU Putera 3, MA NU Putera, MA NU Puteri, SMK Mekanika, STIT, dan AKPER. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tenaga pendidik di setiap institusi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pengajaran serta upaya pengembangan profesional yang efektif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor kompetensi profesional, keterampilan teknologi, penguasaan bahasa asing, serta dukungan institusional memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di semua jenjang pendidikan. Temuan ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi dan sekolah/madrasah di bawah YLPI Buntet Pesantren membutuhkan pelatihan berkelanjutan, peningkatan sarana teknologi, dan kesempatan kolaborasi internasional guna meningkatkan kompetensi para pendidik dalam menghadapi tantangan global. Penelitian ini menyarankan adanya program pengembangan profesional yang terarah, terutama dalam teknologi pendidikan dan kemampuan bahasa asing, agar para pendidik dapat memenuhi standar pendidikan global.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yasin Muhammad Syibli (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.